10 Prajurit Perang Terhebat Dalam Lingkaran Sejarah


Image: dari berbagai sumber

Sejarah peradaban dunia dari masa kemasa tak kan luput dari yang namanya perang. Dari berbagai kisah perang yang tertulis dalam lembar sejarah itulah kemudian terekam munculnya sosok-sosok prajurit hebat yang memiliki kemampuan hebat dalam bertarung, otak briliaan, pemikiran smart serta strategi perang yang tidak diketemukan dalam buku panduan perang.  

Dan berikut daftar penghuni top 10 prajurit terhebat dalam sejarah dari sekian banyak prajurit hebat lainnya, yang beberapa sosok keheroiknya sudah di filmkan dilayar lebar dan bisa kita tonton :

1. Alexandre The Great
Tentu saja, top one prajurit terhebat sangat pantas disematkan pada sosok penakluk asal Makedonia ini. Alexander yang Agung (Alexandre The Great), siapapun lawannya pasti gentar dengan nama besar yang dimilikinya itu. Meski dalam masa pemerintahnya bisa dikatakan sangat singkat yakni 13 tahun, ia mampu menunjukkan kemaharajaannya dengan merubah makedonia menjadi salah satu kekaisaran terbesar didunia. Alexandre The Great mampu membangun sebuah imperium yang lebih besar dari setiap imperium yang pernah ada sebelumnya. Pada saat ia meninggal, luas wilayah yang diperintah Alexander mencakup tiga benua (Eropa, Afrika, dan Asia) berukuran 50 kali lebih besar daripada luas wilayah yang diwariskan sebelumnya.

2. Leonidas I
Leonidas I merupakan ikon kegagahan dan keperkasaan dalam lembaran sejarah. Ia adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiad, salah seorang anak dari Raja Anaxandridas II dari sparta, yang dipercayai sebagai keturunan dari Heracles karena kekuatan dan keberaniannya. Namanya menjadi menjadi abadi setelah aksi heroiknya di pertempuran Thermopylae.

3. Sun tzu
Nama aslinya adalah Sun Wu seorang ahli militer dan Jenderal Besar tertangguh dan tercerdas yang pernah dimiliki kerajaan wu di Kerajaan Wu. Sebagai jenderal, ia sangat lihat mengatur sebuah siasat perang. ia menulis sebuah buku militer yang menjadi sebuah karya besarnya dengan judul “Sun Zi Bing Fa” atau “Seni Perang Sun Tzu” yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap sejarah dan seni budaya Negara China serta Asia.  Dan kini buku yang akrab dikenal dengan “The Art of war”, menjadi buku panduan perang yang dipelajari di seluruh Dunia hingga sekarang.

4. Hannibal Barca
Hannibal Barca hidup pada tahun 247 SM-183 SM, adalah seorang pemimpin militer di Perang Punisia II dan seorang politisi. Ia disebut-sebut sebagai salah satu dari pemimpin perang terhebat sepanjang sejarah. Dia hidup saat waktu tegang di Mediterania, ketika Romawi (lalu republik Romawi) membangun kekuatannya melewati kekuatan besar lain seperti Kartago, Macedonia, Syracuse, dan kerajaan Seleucid. Dia adalah salah satu pemimpin Kartago yang paling terkenal. Pencapaiannya yang paling besar adalah ketika meletusnya Perang Phunisia, ketika dia membawa pasukan yang mengandung gajah perang dari Iberia melewati Pyrenees dan Alps sampai bagian utara Itali. Selama invasinya di Italia, dia mengalahkan prajurit Romawi di beberapa pertempuran, termasuk yang di Trebia, Trasimene dan Cannae.

5. Julius Cesar
Siapa yang tidak tahu kehebatan Julius Caesar? Tokoh sejarah terbesar dari imperium Romawi, dia adalah sosok pemimpin yang ideal. Pengatur strategi perang yang lihai, ahli berpolitik, jendral penakluk, dan singa podium saat berorasi.
Dialah jenderal terbesar kekaisaran Romawi.Ia menjadi kaisar romawi di tahun 59 SM.ia adalah jenderal perang cerdas dan berbahaya. Di masa pemerintahanya, ia telah meluaskan pengaruh kekaisaran Romawi ke hampir seluruh Eropa, sebagian Afrika, dan sebagian asia barat. ia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin paling diktator di Dunia dengan memulai reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Romawi ketika itu.

6. Miyamoto Musashi
Miyamoto Musashi lahir 19 Mei 1586 di sekitar masa akhir Oda Nobunaga, ia juga dikenal sebagai Shinmen Takezo, Miyamoto Bennosuke, atau oleh nama Buddha Niten Dōraku. Musashi adalah seorang ronin, seorang seniman pedang Jepang dan mengembangkan gaya sendiri.Secara keseluruhan , Musashi telah melakukan 60 duel dan tidak terkalahkan. Dia adalah pendiri Hyōhō Niten Ichi-ryu atau Niten-ryu gaya pedang dan penulis Kitab Lima Elemen – The Book Of Five Rings (Go Rin No Sho), Sebuah buku mengenai strategi, taktik, dan filsafat yang masih di pelajari banyak orang hingga saat ini.

7. Liutenant Audie Murphy
Ketika perang dunia kedua berlangsung, Amerika Serikat mengirimkan ratusan bahkan ribuan prajuritnya untuk melawan musuh. Dari ribuan prajurit tersebut, berdirilah sosok Liutenant Audie Murphy, salah satu prajurit unggulan yang banyak diterjunkan dalam berbagai misi berbahaya selama perang dunia kedua berlangsung. Bahkan atas prestasinya tersebut, Murphy pun mendapatkan berbagai penghargaan sebagai simbol kehormatan baginya, seperti Lehiun Kehormatan Perancis, Distinguished Service Cross, dua buah bintang perunggu, Legion of Merit¸tiga buah Purple Hearts dan dua buah Croix de Guerre.

8. Saladin
Dia dikenal sebagai raja, panglima perang yang jago strategi, pemimpin umat, dan sekaligus sosok yang santun dan penuh toleransi. Banyak manuskrip yang mencatat “Saladin Sang Raja Mesir” (Saladin, King of Egypt) sebagai simbol kekuasaan Eropa. Namanya tidak bisa dilepaskan dari Sejarah Perang Salib yang membawa kejayaan Islam, namun tanpa menindas kaum Kristiani.

9. Spartacus
Spartacus sepertinya lebih sering dikenal sebagai karakter fiksi populer, seperti judul filmnya. Ia sebenarnya merupakan sosok nyata yang hidup di zaman Romawi kuno serta menginspirasi banyak sosok revolusioner.
Spartacus merupakan gladiator dari Trakia yang memimpin pemberontakan budak melawan puluhan ribu pasukan Romawi. Ia berkali-kali mengalahkan pasukan Romawi, membawa pasukannya menuju semenanjung Italia, hingga akhirnya terbunuh saat perang di bulan April tahun 71 masehi.

10. Richard 1 (The Lion Heart)
Salah satu tokoh yang sangat pantas untuk dibicarakan di setiap pembahasan perang salib adalah Richard The Lionheart. Beliau memerintah Inggris hanya dalam waktu yang singkat (10 tahun) 1189-1199.Lahir dengan nama asli Richard Plantagenet di Oxfordshire Inggris, 8 September 1157 ( Richard 19 tahun lebih muda dari Salladin yang lahir tahun 1138 ). Richard memiliki darah Inggris dari ayahnya dan perancis dari ibunya. Kehebatanya dibuktikan dengan kemampunya untuk menguasai Siprus dan merebutnya dari tangan Turki.





Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment