‘Sisi Positif Rokok’ Bagi Kesehatan, Yang Tidak Perlu Anda Tahu

Image: source


Tak satu pun karya Tuhan didunia ini yang tercipta dengan sia-sia, seburuk-buruknya ciptaan-Nya, menurut kita manusia, ada sisi positif didalamnya. Semisal nyamuk, mahluk menggemaskan yang sukanya mengganggu tidur kita dan tak jarang orang menderita sakit karena gigitannya ternyata mempunyai sisi positif, para ilmuwan mengadakan penelitian dan pabrik pun memproduksi obat nyamuk yang dari prosesnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi salah satu segmen bisnis yang menjanjikan.

Termasuk rokok, segambreng penelitian dan pakar kesehatan telah membeberkan tentang bahaya rokok, seperti yang terpampang pada kemasan rokok, bahwa Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi serta gangguan kehamilan dan janin. Bahkan sekarang ini di kemasan dan properti promo rokok sudah terdapat peringatan "Merokok dapat Membunuhmu”. Dan selalu ada sisi berseberangan pada sebuah hal, dan telesik punya telisik merokok pun memiliki sisi baiknya.

Berikut ini adalah beberapa "manfaat rokok" bagi manusia yang sebenarnya tidak perlu Anda tahu :

Merokok menurunkan risiko operasi sendi lutut.
Sebuah penelitian baru yang dilakukan University of Adelaide di Australia menemukan, bahwa Pria yang suka merokok ternyata kecil risikonya menjalani operasi penggantian sendi dibandingkan dengan mereka yang tak pernah merokok. Dimana operasi lutut pada umumnya terjadi di kalangan pejoging dan yang menderita kegemukan. Sedangkan perokok, kita tahu, mereka jarang lari pagi dan kecil kemungkinan untuk obesitas. Selain itu, nikotin di dalam tembakau membantu mencegah kemunduran tulang rawan dan sambungan sendi.

Merokok menurunkan risiko penyakit Parkinson
Sebagaimana dilansir oleh Journal Neurology, tertulis Pada maret 2010 sebuah penelitian menemukan identifikasi hubungan terbalik yang aneh antara merokok dan Parkinson, semakin lama merokok semakin orang tersebut terlindungi dari penyakit Parkinson.
Ini senada dengan hasil penelitian pada tahun sebelumnya yakni pada Maret 2007, peneliti dari Harvard menemukan kenyataan bahwa efek perlindungan terhadap Parkinson itu berkurang jika perokok berhenti. Meski tidak ada penjelasan yang ilmiah soal mengapa hal itu terjadi.

Merokok menurunkan risiko obesitas
Tahukah kita, di amerika sebelum jamannya Columbus, sasaran perusahaan rokok adalah wanita yang menginginkan memilki tubuh langsing dan menghindari kegemukan. Sebab bukan rahasia Nikotin yang terkandung dalam rokok merupakan zat penekan selera makan.
Sebagaimana dilansir Journal Physiology & Behavior, sebuah penelitian pada juli 2011 menyatakan bahwa salah satu penghalang orang berhenti merokok adalah begitu berhenti berat badan akan naik.
Memang unik, hubungan antara merokok dengan berat badan, nikotin sendiri merupakan perangsang dan penekan selera makan, sementara prilaku merokok memicu perubahan yang mendorong perokok untuk mengurangi kudapan. Merokok juga membuat makanan kurang bercita rasa bagi beberapa perokok, yang pada akhirnya mengekang selera makan.



Merokok menurunkan risiko kematian setelah terkena serangan jantung
Kalau dibandingkan antara non perokok dengan perokok yang terkena penyakit jantung, mereka para smoker memiliki tingkat kematian yang lebih rendah, sebab smoker lebih responsif terhadap dua jenis terapi penghilangan plak dari arteri mereka,  terapi fibrinolitik dan angioplasty yang tujuannya menghilangkan plak dengan menyelipkan balon atau stent di dalam arteri.

Merokok membantu obat jantung clopidogrel bekerja dengan lebih baik
Pernah dengar obat Clopidogrel adalah obat wajib bagi penderita penyakit jantung yang gunanya untuk mencegah pengentalan darah. Dan uniknya merokok membantu clopidogrel itu melakukan tugasnya dengan lebih baik.

Diberitakan oleh Journal Thrombosis Research, Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti Korea pada Oktober 2010, menyatakan keuntungan merokok setidaknya 10 batang per hari, menunjukkan bahwa Sepertinya ada sesuatu yang terdapat pada rokok yang mampu mengaktifkan protein tertentu yang dikenal cytochromes yang mengubah clopidogrel menjadi aktif.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment